Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan

Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan


Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan
Teripang merupakan hewan laut bertubuh lunak yang habitatnya berada di dasar laut atau terumbu karang, hewan laur ini tersebar di seluruh lautan penjuru dunia dengan jumlah 1200 species. Namun tahukah anda bahwa hanya ada 30 species saja yang dapat di konsumsi dan memiliki nilai pengobatan serta berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Teripang di kenal juga dengan sebutan timun laut oleh sebagian orang, karena memang bentuknya yang lonjong. Sejak zaman dahulu teripang sudah di jadikan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit bahkan teripang merupakan hidangan istimewa bagi masyarakat China.

Kandungan Bermanfaat Dalam Teripang Laut

Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan - Pada umumnya teripang memiliki kandungan bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia seperti PROTEIN, KOLAGEN, ASAM AMINO, OMEGA, VITAMIN DAN MINERAL, GLUCOSAMINOGLYCANS, CELL GROWTH FACTOR dan masih banyak kandungan bermanfaat lainnya. Kandungan CGF dalam teripang laut merangsang sel tubuh untuk melakukan regenerasi di luar ataupun dalam sehingga jaringan tubuh yang rusak akibat suatu penyakit dapat pulih kembali bahkan sangat bagus untuk pemulihan luka. Kandungan protein dalam teripang sangatlah tinggi bahkan hampir 80% terdiri dari protein dan juga kolagen. Kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk memberikan asupan gizi pada tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengencangkan kulit serta menjaga kekuatan atau kesehatan tulang.

Berikut Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan Dalam Hal Mengobati Atau Mencegah Berbagai Macam Penyakit

Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan

1. Khasiat Untuk Mengatasi Peradangan ,- Teripang laut bersifat sebagai anti-inflamasi atau peradangan serta dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan, dan mencegah peradangan agar tidak semakin parah. Sangat cocok untuk mengobati arthritis atau peradangan pada tulang karena mengandung senyawa kondrotin yang mampu mengatasi peradangan lalu cell growth factor (CGF) akan berkerja untuk meregenerasi jaringan sel yang rusak akibat peradangan agar pulih kembali.

2. Khasiat Untuk Mencegah Pembekuan Darah ,- Kondisi dimana sel darah mengalami pengentalan di sebut dengan pembekuan darah, hal tersebut sangat berbahaya untuk tubuh karena dapat memicu beberapa penyakit serius seperti stroke dan jantung koroner. Darah yang menggumpal akan menyumbat pembuluh darah sehingga menghambat aliran darah atau oksigen yang sangat di butuhkan oleh beberapa organ dalam tubuh. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Brasil, membuktikan bahwa teripang bisa melawan efek pembekuan karena mengandung kondrotin yang bisa mencegah pembekuan darah. Hebat bukan selain anti-peradangan ternyata kondrotin juga mampu mencegah darah beku.

3. Khasiat Untuk Mengobati Luka ,- Masyarakat China sudah lama menggunakan teripang sebagai penyembuh luka karena dalam teripang terkandung senyawa cell growth factor yang mampu meregenerasi sel tubuh yang terluka agar tertutup kembali sehingga pendarahan akibat luka dapat di hentikan. Selain itu senyawa seperti asam arakidonat juga dipercaya akan membantu dalam mempercepat proses penyembuhan luka luar maupun dalam tubuh.

4. Khasiat Untuk Melawan Virus Dan Bakteri ,- Teripang mampu memberantas infeksi virus dan bakteri karena mengandung antiseptik alamiah. Bahkan sebuah penelitian yang di lakukan oleh Prof Ridzwan Hashim membuktikan bahwa ekstrak teripang mampu untuk memberantas bakteri Streptococcus faecalis penyebab pembengkakan lapisan jantung, bakteri S. viridans penyebab katup jantung bermasalah, bakteri S. pneumoniae penyebab radang paru-paru dan sinusitis akut, bakteri Staphylococcus aureus penyebab meningitis, bakteri Proteus mirabilis penyebab infeksi luka, dan Escherichia coli penyebab masalah pencernaan.

5. Khasiat Untuk Mengatasi Diabetes ,- Penyakit ini termasuk kategori penyakit yang umum di derita oleh masyarakat indonesia, Teripang telah di teliti dan hasilnya sangat baik di konsumsi oleh penderita diabetes karena dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Menurut Dr. Ir. Ahkam Subroto M.App Sc dari LIPI. Mengatakan bahwa "Teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk penderita diabetes melitus. Protein ini berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin sehingga produksi insulinpun meningkat".

6. Khasiat Untuk Menurunkan Kolesterol ,- Kolesterol merupakan lemak jahat yang terdapat dalam segela jenis makanan terutama yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan. Apabila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi maka anda beresiko terkena penyakit jantung, stroke dan tekanan darah tinggi. Teripang mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi, hal tersebut di buktikan oleh penelitian Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia. Mereka mengungkapkan bahwa "Kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan kolesterol. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi".

7. Khasiat Luar Biasa Untuk Mengatasi Dan Mencegah Kanker ,- Sampai saat ini kanker merupakan penyakit paling mengerikan yang paling tidak di inginkan, karena sebagian besar orang yang menderita penyakit ini berujung pada kematian terutama jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat bahkan penyebab utama kematian terbesar manusia di dunia akibat penyakit. Kandungan philinopside E dalam teripang sangat baik untuk mencegah penyebaran sel kanker, Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para ilmuwan Cina menyatakan bahwa teripang mengandung senyawa yang dikenal sebagai philinopside E atau PE. Senyawa tersebut dapat menghambat pembentukan pembuluh darah yang memasok nutrisi kepada sel kanker sehingga mampu menekan pertumbuhan dan bersifat sebagai proliferasi sel kanker. Studi tersebut diterbitkan pada bulan Agustus 2005 dengan judul  "Cancer Biology & Therapy".

Khasiat Teripang Laut Untuk Kecantikan

Tahukah anda?? bahwa rahasia kecantikan wanita China & Jepang adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan laut seperti teripang. Kebiasaan ini juga di lakukan oleh wanita di Korea, Teripang mengandung vitamin E dan juga kolagen tinggi. Kandungan kolagen sangat penting untuk membuat kulit Anda elastis, halus dan juga kencang sehingga anda terhindar dari penuaan dini seperti keriput atau flek hitam serta berbagai macam masalah kulit lainnya. Jadi untuk anda yang ingin kulit sehat konsumsi teripang secara rutin adalah solusinya.

Sedikit Fakta Unik Tentang Teripang Laut

  • Ternyata teripang bernafas melalui anus. Unik bukan?
  • Bentuk tubuh teripang dapat berubah menjadi kecil atau pipih.
  • Teripang terlihat keras namun sebenarnya sangat lembut.
  • Ukuran teripang sangat bervariasi dari kecil sampai besar.
  • Warna teripang sangat berbeda-beda, tergantung jenisnya.
  • Teripang sangat penting dalam ekosistem laut.

Demikian artikel mengenai khasiat teripang laut untuk kesehatan tubuh, Semoga dapat bermanfaat untuk anda. Teripang dapat di konsumsi dengan di sajikan sebagai makanan, namun sekarang anda tidak usah ribet mengolah teripang karena anda bisa merasakan manfaat teripang hanya dengan mengkonsumsi jelly gamat qnc. Klik Disini Untuk Baca Selengkapnya Mengenai Jelly Gamat Qnc

Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan

0 Response to "Khasiat Teripang Laut Untuk Kesehatan"

Posting Komentar